Tuesday, February 23, 2016

Sejarah Berdirinya Internet Atau Intranet

Sobat BaBe, Di era modern sekarang ini, kata internet sudah tidak asing lagi bagi hampir semua orang. Kata internet banyak bertebaran di media cetak maupun media elektronik. Internet bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita di era modern ini. Hampir setiap hari kita menggunakan internet untuk mencari informasi, mengirim e-mail, chatting, sosial media, melakukan jual beli online, melakukan video call, dll.

Internet memang sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi apa sebenarnya arti dari internet itu sendiri? Yah, internet sebenarnya berasal dari 2 kata, yaitu kata interconnection dan networking. Internet memiliki arti sebagai seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP), yang memiliki jangkauan global, untuk melayani penggunanya di seluruh belahan dunia.


Sejarah internet
Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah jaringan komputer. melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET ini dibuat untuk merancang sebuah bentuk jaringan yang handal dan meneliti seberapa besar informasi yang dapat dipindahkan. Pada awalnya, proyek ARPANET ini bertujuan untuk keperluan militer, untuk menghubungkan daerah-daerah penting. Tetapi pada akhirnya, proyek ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal dari adanya internet.

Tahun 1980
Pada tahun ini, ARPANET sudah mulai digunakan untuk menghubungkan beberapa universitas ternama di amerika, diantaranya adalah Stanford Research Institute, University of Calirofornia, SantaBarbara, dan University of Utah. ARPANET juga mulai digunakan untuk menghubungkan instansi-instansi penting dan juga beberapa lembaga-lembaga riset milik amerika. Lalu, ARPANET dibagi menjadi 2, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer. Seiringberjalannya waktu, banyak yang mengenal DARPA internet, lalu istilah tersebut disederhanakan menjadi Internet seperti sekarang ini.

Tahun 1982
Pada tahun ini, protokol TCP/IP mulai dipublikasikan untuk umum. Sehingga pada tahun ini lah, istilah internet mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Tahun 1984
Pada tahun ini, mulai digunakannya domain sebagai penanda dari sebuah komputer.

Tahun 1990
ARPANET digantikan dengan NFSNET (national center of supercomputer aplication) sebagai sarana riset. Pada tahun ini juga, diperkenalkan layanan berbasis www (world wide web). Dimana dengan layanan ini, para pengguna dapat mengakses internet dengan tampilan yang lebih menarik, karena berbasis teks dan gambar.

Tahun 1994
Pada tahun inilah, diperkirakan internet sudah mulai masuk dan digunakan di negara indonesia.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments