Wednesday, February 24, 2016

Wow! Inilah Sejarah Berdirinya Linux Di Dunia

Sobat Babe, Linux adalah sebuah sistem operasi komputer berbasis unix. Linux dibuat pertama kali oleh seseorang yang bernama linus trovald pada tahun 1991. Dia membuat sistem operasi linux berdasarkan sistem dan pustaka dari GNU yang dibuat oleh richard stallman, yang diperkenalkan pada tahun 1983. Sistwm operasi linux ini memiliki logo yang menarik, yaitu sebuah pinguin, yang dipanggil "Tux".

Sejarah Berdirinya Linux Di Dunia

Sistem operasi linux merupakan perangkat lunak hasil modifikasi dari proyek GNU yang paling banyak digunakan, bahkan hingga saat ini. Penggunaan sistem operasi linux pada umumnya merupakan penggabungan dengan sistem operasi GNU. Karena GNU merupakan dasar dari sistem operasi linux, maka muncullah istilah GNU / Linux. Sistem operasi ini dikembangkan sebagai sistem operasi yang bebas dan sumber terbuka. Seperti halnya perangkat lunak lain yang bersifat bebas dan sumber terbuka, kode utama sistem operasi linux bisa dimodifikasi, digunakan, dan didistribusikan kembali oleh siapa pun.

Saat ini, sistem operasi linux menjadi salah satu sistem operasi yang sangat populer. Sehingga sistem operasi ini banyak digunakan pada komputer-komputer desktop dan komputer server. Bahkan sistem operasi ini didukung oleh perusahaan-perusahaan besar seperti intel, ibm, oracle corporation, dell, hawlet-packard, red hat,sun microsystem dan novell. Sistem operasi linux juga digunakan pada sistem benam, seperti pada playstation dan xbox.

Banyaknya penggunaan linux dikalangan perorangan ataupun instansi tentu karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya, seperti:

Hemat biaya
Dengan mennggunakan sistem operasi linux, para pengunanya dapat menekan biaya operasional dalam perawatan komputer. Karena hampir semua sistem operasi linux beserta aplikasi-aplikasi di dalamnya bersifat bebas dan sumber terbuka. Kalaupun dikenakan biaya, biayanya sangatlah kecil.

Kompatibilitas
Karena banyak perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat keras komputer yang mendukung linux, maka linux memiliki banyak kompatibilitas dengan hampir berbagai jenis hardware. Kompatibiltas linux ini bahkan lebih baik dibanding unix versi tak bebas.

Keamanan
Tidak dipungkiri lagi bahwa keamanan sebuah sistem sangatlah penting. Sebuah sistem operasi yang memiliki banyak celah keamanan, akan sangat mudah diretas. Hal ini tentu akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Dari segi keamanannya inilah sistem operasi linux sangat terkenal. Hampir setiap celah keamanan yang ditemukan, akan bisa segera diperbaiki dengan cepat karena sistem sumber terbuka yang dimilikinya. Hal inilah yang membuat para peretas sedikit kesulitan menembus sistem operasi linux.

Stabil
Linux merupakan sistem operasi yang stabil dibanding dengan sistem operasi lainnya, seperti microsoft windows.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments