Monday, February 29, 2016

Fakta Tentang Indonesia Yang Paling Fenomenal Di Negara Tetangga

Indonesia adalah negara republik yang memiliki banyak budaya baik secara alamiah maupun buatan. Kekayaan alam yang melimpah serta banyaknya kepulauan dan bangunan-bangunan bersejarah. Ini yang menjadikan fakta tentang Indonesia adalah negara yang paling fenomenal di bagian negara tetangga.
Peta Wilayah Negara Republik Indonesia
Beberapa fakta tentang Indonesia yang menjadi fenomenal di negara bagian diantaranya adalah Negara Republik Indonesia adalah negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia. Negara yang terdiri dari beberapa pulau yang jika dihitung mencapai 17.504 pulau. Ini belum termasuk yang diberi nama. Karena kepulauan yang ada di Negara Indonesia masih ada 6.000 pulau yang belum berpenghuni, dan 9.634 pulau yang masih belum ada namanya. Dari sini, terdapat 3 dari 6 pulau yang terbesar di dunia, yaitu pulau Kalimantan, Papua dan Sumatera.

Pulau Sumatera memiliki luas mencapai 473.606 km2, Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga yang ada di dunia, luas dari pulau Kalimantan mencapai 539.460 km2 dan Papua memiliki luas mencapai 421.981 km2. Negara Indonesia adalah negara maritime yang terbesar didunia. Negara ini memiliki perairan dengan luas mencapai 93.000 km2 dengan panjang pantai mencapai 81.000 km2. Atau bisa dibilang bahwa pantai Indonesia hampir dari 25% adalah panjang pantai di dunia. Fakta tentang Indonesia ini telah tertulis dibeberapa buku yang telah dipajang diberbagai toko maupun galeri buku.

Fakta tentang Indonesia selanjutnya adalah bahwa kepulauan Jawa adalah pulau yang memiliki penduduk terpadat di Negara Indonesia. Hampir 60% penduduk yang ada di Indonesia, mereka tinggal di kepulauan Jawa. Padahal pulau Jawa hanya memiliki luas sekitar 7% dari seluruh wilayah yang ada di Negara Indonesia. Fakta yang menyebutkan bahwa Indonesia adalah Negara dengan berbagai macam suku tetapi masih bersatu, ini karena bangsa Indonesia berpedoman dengan dasar Indonesia yaitu pancasila. Selain itu Negara Indonesia adalah negara yang memiliki banyaknya bahasa, yaitu terdapat 583 bahasa dengan dialek 67 bahasa induk, yang mana bahasa ini digunakan untuk bahasa dari berbagai suku yang ada di Negara Indonesia. Akan tetapi bahasa nasionalnya tetaplah menggunakan bahasa Indonesia. Dan bahasa Jawa adalah bahasa daerah terbesar yang dipakai di Indonesia.
Baca Juga : Peristiwa Dan Kejadian Aneh Didunia Yang Nyata Terjadi Hingga Saat Ini
Fakta tentang Indonesia lainnya adalah bahwa Negara Indonesia adalah Negara yang memiliki agama muslim terbesar yang ada di dunia. Hampir 88% penduduk Indonesia beragama islam. Jika dihitung dengan jumlah penduduknya, sekitar 216 juta penduduk jiwa di Negara Indonesia adalah beragama islam. Dan Negara Indonesia adalah Negara yang memilki masjid terbanyak dan juga memiliki jamaah haji terbesar yang ada di dunia. Begitu pula dengan bangunan budha bersejarah yang terbesar di dunia, bangunan ini bernama candi Borobudur. Candi ini terletak di pula Jawa, tepatnya di Jawa tengah. Candi ini memiliki ketinggian mencapai 42 m dengan tingkat 10 susun. Candi ini dibuat oleh Dinasti Syailendra selama 40 tahun. Dinasti ini berdiri pada zaman kerajaan mataram kuno.

Fakta tentang Indonesia yang paling fenomenal selain candi dan negaranya, yaitu tentang hutan dan hewan yang berupa komodo. Selain wilayahnya yang hampir sebagian daratnnya berupa perairan, Indonesia juga memiliki daratan yang berupa hutan. Hutan ini adalah jenis hutan bakau dan termasuk hutan terbesar yang ada di dunia. Tanaman yang ada dihutan ini memiliki fungsi sebagai pengikisan air yang ada di laut, maupun abrasi. Sedangkan fakta tentang binatang purba Indonesia yang masih hidup sampai sekarang adalah komodo. Hewan ini berada di Nusa Tenggara Timur yaitu terletak di pulau komodo. Panjangnya mencapai 3 m dan beratnya sekitar mencapai 90 kg. itulah beberapa fakta tentang Negara Indonesia dengan berbagai macam fenomenalnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments