Sunday, February 21, 2016

Keajaiban Bluetooth Di Dunia

Sobat Babe, hampir semua perangkat ponsel dan laptop memiliki fitur bluetooth. Fitur ini biasanya berwarna biru dengan gambar mirip gigi di tengahnya. Tapi, tahukah anda bahwa nama bluetooth sendiri sebenarnya adalah nama seseorang? Yah, bluetooth adalah nama dari seorang raja di Denmark yang bernama harold bluetooth (dalam bahasa Inggris) atau Harald Blatand (bahasa Denmark).

Raja harold memerintah Denmark dari tahun 940 - 985.
Dimasa pemerintahannya, ia mampu mempersatukan denmark dan norwegia bahkan sampai sconia di swedia, dimana tempat teknologi bluetooth di ciptakan. Kemampuan raja itulah yang menginspirasi terciptanya teknologi bluetooth, dimana teknologi ini mampu menghubungkan berbagai perangkat seperti perangkat komputer dan ponsel.
Kata bluetooth memiliki arti gigi yang berwarna biru. Konon, hal ini diilhami dari kebiasaan raja denmark yang gemar makan buah blueberry atau arbei. Sehingga, gigi blatand yang semula putih, menjadi berwarna kebiru-biruan atau blue tooth.
Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu (Hagall) dan (Blatand) yang kemudian digabungkan.
Perangkat bluetooth banyak dipakai karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Tetapi meskipun begitu, perangkat bluetooth juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari bluetooth.

Kelebihan bluetooth :

Tanpa halangan
Meskipun bluetooth memiliki jarak transfer yang pendek (10 meter), tapi bluetooth tetap mampu mengirim dan menerima data meskipun terhalang dinding. Bahkan jika seseorang saling bertukar data dari atau ke dalam ruangan tertutup pun, transfer data dengan menggunakan bluetooth masih tetap bisa dilakukan.

Praktis
Bluetooth sangat praktis, karena teknologi ini tidak memerlukan kabel untuk melakukan transfer data.

Mendukung banyak perangkat
Teknologi ini mampu melakukan sinkronisasi antara perangkat yang berbeda, seperti komputer, ponsel dan PDA.

Modem
Telnologi bluetooth yang dipasang pada perangkat komputer atau pun laptop, dapat digunakan sebagai perantara modem.

Kekurangan bluetooth :

Jarak yang pendek
Teknologi bluetooth hanya memiliki jangkauan 10 meter atau 30 kaki.

Frekuensi yang sama dengan LAN
Tidak dipungkiri lagi, untuk saat ini, sistem bluetooth masih menggunakan sebuah frekuensi yang sama dengan standarisasi LAN.

Merepotkan
Mungkin jika perangkat bluetooth yang terdeteksi cuma satu atau dua buah itu masih wajar dan tidak membingungkan untuk memilih si penerima dengan benar. Tapi jika perangkat bluetooth yang terdeteksi lebih dari 10 buah, pasti sulit jika tidak tahu pasti kode nama perangkat bluetooth dari si penerima yang benar.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments