Saturday, February 20, 2016

Awal Mula Adanya Jaringan Komputer

Sobat Babe, jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan pertukaran data. Dengan adanya jaringan komputer, para pengguna dapat berbagi informasi maupun sumber daya yang dapat digunakan secara bersama-sama. Pada umumnya, sebuah jaringan komputer terdiri dari komputer, printer, terminal, media penyimpanan dan beberapa perangkat jaringan lainnya. Karena manfaatnya yang sangat besar, tak heran jika banyak pengguna komputer mengunakan jaringan komputer dalam kesehariannya. Apa saja manfaat dari jaringan komputer? Berikut ini ada 4 manfaat dari penggunaan jaringan komputer.



1. Berbagi Sumber Daya
Prinsip dari sistem jaringan adalah menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, dengan menggunakan segala sumber daya yang ada, agar dapat digunkan secara bersama-sama. Sumber daya yang dimaksud adalah perangkat-perangkat pendukung seperti printer, maupun data digital.

2. Kebebasan Dalam Mengakses Data
Dengan menggunakan jaringan komputer, para pengguna komputer memiliki kebebasan untuk mengakses setiap data yang dibagikan dari komputer manapun yang terhubung dalam sebuah jaringan. Dengan kata lain, data yang dibagikan dalam jaringan komputer adalah data milik bersama. Apabila ada data di salah satu komputer dalam jaringan mengalami kerusakan atau ada data yang hilang, kita tidak perlu khawatir, karena kita dapat menggunakan data yang sama pada komputer yang lain. Data-data digital seperti file-file dokumen, musik, gambar bahkan video-pun dapat dengan mudah di bagikan.

3. Hemat Biaya
Dengan menggunakan jaringan komputer, penghematan biaya pada jaringan akan terlihat pada penggunaan perangkat atau sumber daya yang ada, seperti penggunaan printer. Dengan menggunkaan jaringan komputer, kita tidak perlu memberikan printer untuk setiap komputer. Tetapi, cukup hanya dengan menyediakan beberapa printer saja, untuk melayani semua komputer uang terhubung dalam jaringan. Pemanfaatan jaringan seperti ini, akan sangat terasa manfaatnya jika digunakan pada sebuah ruangan dengan banyak pengguna komputer, tetapi memiliki keterbatasan dalam jumlah printer ataupun peripheral lain yang digunakan.

4. Sebagai Alat Komunikasi Antar Pengguna Komputer
Dengan terhubungnya satu komputer dengan komputer yang lain secara online, maka para pengguna komputer dapat melakukan komunikasi dua arah. Hal ini sangat bermanfaat pada sebuah instansi, karena dapat memberikan informasi atau sosialisasi secara cepat hanya dengan menggunakan komputer.

Itulah 4 manfaat dari pengunaan jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan jaringan komputer ini akan sangat terasa bila digunakan pada sebuah instansi ataupun perusahaan yang miliki banyak karyawan dengan resourse terbatas.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments