Friday, March 18, 2016

Perkembangan Internet dan Intranet di Indonesia

Perkembangan Internet dan Intranet di Indonesia

Banyak dari masyarakat di Indonesia memilih media internet sebagai akses untuk memperoleh informasi yang lebih cepat. Dengan perkembangan internet di Indonesia yang sangat pesat maka sekarang ini jaringan internet sudah masuk ke pelosok pedesaan. Ini membuktikan bahwa semua lapisan masyarakat mulai dari daerah perkotaan sampai ke pedesaan membutuhkan jaringan internet sebagai penunjang berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

Dengan perkembangan yang sangat cepat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini membuktikan bahwa tekhnologi dan komunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat modern saat ini. Ini dikarenakan kebanyakan pengguna internet mempunyai mobilitas yang tinggi mereka mencari layanan yang fleksibel serba mudah untuk memuaskan dan efisiensi disegala aspek, sehingga kebutuhan akan jaringan data komunikasi dan informasi juga ikut meningkat.

Internet terutama digunakan oleh para siswa, guru, pebisnis bahkan sekarang perangkat desa juga dituntut untuk bisa menggunakan internet dasar seperti browsing, karena saat ini untuk pengisian profil desa dan kecamatan sudah menggunakan system online untuk pengisiannya. Penggunaan internet sebagai sarana komunikasi dan informasi data yang membuat perkembangannya menjadi dinamis. Ini yang membuat media berkembang dengan pesat karena besarnya pertukaran informasi dan komunikasi.

Media internet terdiri dari tiga jenis jaringan yaitu jaringan kabel dan jaringan non kabel (wireless) juga jaringan satelit. Dengan adanya tekhnologi semacam ini membuat kita mampu saling bertukar informasi dan komunikasi dengan orang lain meskipun terpisah jarak yang sangat jauh.

Dengan pesatnya kemajuan tekhnologi dibidang informasi dan komputerisasi disetiap aspek kehidupan membuat kebutuhan akan infrastruktur pendukung yang mampu mengemban segala fungsionalitas dari kebutuhan tekhnologi informasi tersebut. Karena pada saat ini jaringan internet mejadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena seperti yang kita tahu pengaplikasian internet pada kehidupan kita sudah sangat banyak, tidak hanya digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan produk-produknya secara global, tetapi juga pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, partai politik, yayasan sosial, lembaga-lebaga pemerintah dan non pemerintah dan bahkan individu perseorangan yang juga telah menggunakan kemudahan internet dalam memberikan layanan dan informasi kepada banyak orang, dengan kemudahan dalam penggunaannya menjadikan internet mampu digunakan sebagai sarana informasi dan pengembangan bisnis yang lebih cepat dan efisien.

Dalam perkembangannya internet semakin banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang pada tahun 2015 mencapai 100 juta pengguna dan akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini sangat mungkin terjadi karena kita memang dituntut untuk mengikuti perkembangan dunia global agar mampu bersaing dengan Negara-negara lain.

Demikian sekilas tentang betapa pentingnya pengaplikasian internet pada pekerjaan kita, semoga dapat menambah sedikit wawasan kita tentang betapa pentingnya memiliki jaringan internet yang mudah dan cepat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments