Friday, February 19, 2016

5 Jenis Jaringan Komputer Yang Perlu Anda Ketahui

Sahabat Babe, jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain. Nah, berdasarkan jarak-jarak antara komputer tersebut, jenis jaringannya pun juga berbeda-beda. Apa saja jenis jaringan komputer tersebut yang dibagi berdasarkan jangkauannya? Berikut 5 jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan yang dimilikinya.


1. LAN (Local area network)
LAN adalah jaringan lokal yang banyak digunakan untuk berbagai sumber daya (resources sharing) seperti file-file data dan printer. LAN memiliki jangkauan yang sangat kecil, biasanya hanya mencakup satu gedung, satu kampus, satu sekolah dan bahkan yang lebih kecil lagi yaitu satu ruangan. Jaringan LAN biasanya dibentuk dengan adanya sebuah server dan client.Server adalah komputer inti berkecepatan tinggi, yang mengatur penggunaan bersama atas file-file data dan program yang dapat diakses oleh para pengguna komputer dalam sebuah jaringan. Dengan adanya sebuah server, diharapkan sebuah jaringan mampu dikelola dengan baik dan dapat memberikan kinerja yang maksimal dalam menangani volume transaksi yang tinggi. Sedangkan client adalah para pengguna komputer yang dapat mengakses data-data dan sumber daya yang disediakan oleh jaringan sesuai dengan hak yang dimilikinya.

2. MAN (Metropolitan area network)
MAN merupakan jaringan LAN dengan jangkauan yang lebih luas. Teknologi yang digunakan pun juga sama seperti teknologi pada jaringan LAN. Dengan menggunakan jaringan ini, jangkauannya bisa mencakup gedung-gedung yang saling berdekatan atau bahkan antar gedung dalam satu kota. MAN dapat menjangkau jarak antara 10 sampai 50 km. Sehingga teknologi ini banyak digunakan untuk keperluan pribadi maupun umum.

3. WAN (wide area network)
WAN adalah jaringan yang mencakup area geografis yang sangat luas. Jaringan ini mencakup wilayah satu negara, bahkan benua. Jaringan ini memungkinkan adanya komunikasi antar perangkat jaringan dengan jarak yang sangat jauh.

4. Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan pribadi (private network), sehingga pengguna dari luar anggota organisasi atau perusahaan tidak dapat mengaksesnya. Bisa dibilang, jaringan intranet adalah jaringan internet versi pribadi.

5. Internet
Ada banyak sekali jaringan di dunia ini yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda. Orang-orang yang di setiap jaringan ingin dapat berkomunikasi dengan orang lain di jaringan yang berbeda. Untuk melakukan hal itu, diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway yang berguna untuk menghubungkan dan melakukan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras dan perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan-jaringan yang terhubung inilah yang disebut dengan istilah internet.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments