Friday, February 19, 2016

4 Perangkat Penting Dalam Jaringan WAN

Sobat BaBe taukah kamu 4 perangkat penting dalam jaringan WAN? mungkin artikel ini bisa membantu kamu untuk mengerti apa itu jaringan WAN. Wide Area Network atau sering disingkat WAN adalah sebuah jaringan komputer yang mampu menjangkau sebuah negara atau bahkan benua. WAN terdiri dari jaringan-jaringan LAN yang dihubungkan melalui jalur komunikasi yang disediakan oleh internet service provider. Karena jangkauannya yang sangat luas, maka diperlukan perangkat-perangkat interface khusus yang berguna untuk menjembatani jalur komunikasi agar dapat dimasukkan ke jaringan LAN. Nah, perangkat-perangkat apa saja yang diperlukan dalam jaringan WAN tersebut? Berikut 4 perangkat penting dalam jaringan WAN.


Router
Router adalah perangkat jaringan yang aktif, yang sangat berguna untuk memanajemen sebuah jaringan. Dengan menggunakan router, jaringan dapat dikontrol dengan mudah. Dalam prakteknya, jaringan LAN mengirimkan data ke router, lalu data tersebut diteruskan dari router ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya. Penggunaan router banyak diterapkan pada jaringan-jaringan yang menerapkan teknologi TCP/IP, sehingha router jenis ini sering disebut dengan IP Router.

CSU/DSU
Jalur komunikasi dalam WAN membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Disinilah peran CSU/DSU diperlukan. Chanel Service Unit/Data Service Unit atau yang disingkat dengan CSU/DSU adalah sebuah interface yang digunakan untuk
menghubungkan perangkat Data Terminal Equipment atau DTE.

Modem
Modulator demodulator atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan modem, adalah sebuah perangkat yang berperan dalam mengubah komunikasi dua arah dari sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Tetapi, modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Modulator berfungsi dalam melakukan pengiriman data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa untuk selanjutnya dikirim ke pengguna dengan media tertentu. Dalam proses modulasi ini, data dari komputeryang berupa data digital dirubah menjadi sinyal analog. Sedangkan demodulator berfungsi dalam proses untuk mendapatkan kembali data yang telah dikirim oleh pengirim. Pada proses ini, data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi, lalu data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital, agar dapat dibaca oleh komputer si penerima.
Fungsi utama dari sebuah modem adalah mengirim dan menerima data dari sebuak komputer ke komputer lainnya melalui jaringan telepon. Fungsi khusus dari sebuah modem adalah meminimalisir tingkat kesalahan dalam melakukan transmisi sinyal, modem akan memeriksa terlebih dahulu informasi tersebut. Jika ditemukan kerusakan, maka informasi teraebut akan dikembalikan kembali.

Communication server
Communication server berguna untuk mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in/out dan remote akses kontrol ke jaringan LAN. Communication server memiliki beberapa interface analog dan digital. Communication server juga dapat melayani beberapa pengguna sekaligus.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments