Thursday, February 25, 2016

Kamu Wajib Tahu Sejarah Sistem Operasi Android

Sobat Babe, Android adalah sebuah sistem operasi berbasis linux yang dikembangkan untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Sistem operasi ini pada mulanya dikembangkan oleh perusahaan android dengan dukungan dana dari google, dan pada 17 aguatus 2005, android diakuisisi oleh google. Android sendiri pada awalnya ditujukan untuk membuat sebuah sistem operasi yang canggih untuk kamera digital. Namun, karena pangsa pasar kamera digital yang dirasa sangat terbatas, maka sistem operasi android pun dialihkan menjadi sebuah sistem operasi canggih untuk smartphone, bersaing dengan symbian dan windows phone. Android adalah siatem operasi sumber terbuka dibawah lisensi apache. Dengan lisensi ini, sistem operasi android dapat dimodifikasi dan didistribusikan kembali oleh siapa saja.

Sejarah Sistem Operasi Android

Sistem operasi android adalah sistem operasi yang sangat populer. Banyak sekali smartphone yang menggunakan android sebagai sistem operasinya. Hingga pada tahun 2013, sebuah survei memperoleh bahwa android adalah platform yang paling populer dikalangan pengembang, hampir 71% para pengembang aplikasi mobile memilih menggunakan sistem operasi android.

Sistem operasi ini memiliki sebuah logo yang unik, yaitu sebuah robot berwarna hijau, dengan dua antena dikepalanya. Logo memiliki makna bahwa sistem operasi android diciptakan sebagai sistem operasi kelas atas untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.
Dari awal peluncuran hingga saat ini, sistem operasi android telah mengeluarkan beberapa versi. Setiap versi yang dikeluarkan android pun dinamai dengan nama yang unik, yaitu sebuah nama dari makanan penutup. Versi-versi android yang telah diluncurkan hingga saat ini adalah :

Android versi 1.1
Android versi ini dikeluarkan pada tanggal 9 maret 2009. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan pada beberapa aplikasi seperti pengolah pesan, jam, pengiriman pesan dengan Gmail, dan beberapa aplikasi lainnya.

Android 1.5
Android versi ini dinamai dengan nama "cupcake". Versi ini di keluarkan pada bulan mei 2009, tepat 2 bulan setelah peluncuran versi 1.1. Dalam versi ini, ponsel android sudah bisa melakukan upload video ke youtube dan gambar ke picasa.

Android 1.6
Android versi ini dinami dengan nama "donut". Pada versi ini, hanya dilakukan pengembangan pada aplikasi-aplikasi bawaan.

Android 2.0/2.1
Versi ini dinamai dengan nama "eclair". Pada versi ini, pengembangan difokuskan pada sisi kompatibilitas hardware.

Android 2.2
Versi ini diluncurkan pada tahun 2010, dengan nama "yogurt". Android ini sudah memiliki kinerja yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

Android 2.3
Android ini diluncurkan dengan nama "gingerbread". Pengembangan hanya dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja pada game, kamera, audio dan beberapa yang lainnya.

Android 3.0/3.1
Versi ini hanya dikhususkan untuk komputer tablet. Versi ini dinamai dengan "honeycomb".
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments